Penggunaan lantai granit dipercaya mampu membuat tampilan rumah terlihat lebih mewah dan berkelas. Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang kemudian memilihnya untuk menjadi komponen dari bahan dasar lantai pada rumah. Karena selain mewah, komponen material yang terbuat dari bebatuan ini mampu menghadirkan kesan minimalis yang bersih dan rapi.

Tapi bagaimana jika kondisi lantai berbahan granit yang terpasang terlihat kotor dan kusam? Bagaimana langkah  yang bisa Kita tempuh untuk membersihkannya?

Patut Dicoba! Cara Simpel Untuk Membersihkan Lantai Granit

Cara Simpel Untuk Membersihkan Lantai Granit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, granit yang notabenenya memiliki tampilan mewah dan berkelas juga bisa kotor dan kusam apabila tidak dirawat dengan cara yang tepat. Lalu bagaimana cara perawatan yang paling tepat untuk dilakukan?

Sebelum beranjak pada pokok bahasan tentang cara simpel untuk membersihkan lantai berbahan granit, terlebih dahulu akan Kami sampaikan tentang alat yang diperlukan dalam proses tersebut. Alat pertama yang dibutuhkan ialah ember dan juga air.

Selain itu, Anda juga membutuhkan kain/ pel, kain mikrofiber dan juga pembersih granit seperti launtex atau detergent dengan kandungan alkali ringan, baking soda, sabun cuci piring, atau pembersih lainnya.

Setelah berhasil mengumpulkan alat dan perlengkapan tersebut, simak dan ikuti cara membersihkannya berikut ini!

  1. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan seember air. Kemudian campurkan air tersebut dengan cairan pembersih granit sesuai dengan apa yang sudah Kami sebutkan di atas.
  2. Selanjutnya, pel seluruh permukaan lantai dengan menggunakan pel atau kain lembut. Jangan lupa juga untuk menjangkau area pojok dan bawah meja, intinya jangan sampai terlewat satu inchi pun. Upaya tersebut dilakukan agar granit bisa bersih secara menyeluruh dan tidak terlihat kusam.
  3. Lalu siapkan air dingin dengan tanpa campuran apapun. Pel kembali seluruh permukaan lantai. Tujuan dilakukan langkah ini ialah agar sisa-sisa sabun pada lantai bisa terangkat seluruhnya. Sehingga permukaan lantai pun tidak akan licin ketika dipijak.
  4. Langkah terakhir untuk mengakhiri step pembersihan pada permukaan granit ialah dengan mengelapnya menggunakan kain mikrofiber.



Sebagai tambahan informasi saja, penggunaan kain mikrofiber pada langkah terakhir ditujukan untuk membantu lantai cepat kering. Jangan sampai permukaan lantai itu kering secara alami, pasalnya jika hal tersebut terjadi, permukaan lantai malah akan menimbulkan bercak. Dan hal tersebut tentu tidak elok untuk dipandang mata.

Ada beberapa tambahan tips terkait perawatan lantai granit yang bisa Anda terapkan. Sebut saja dengan memberikan alas untuk benda berat/ keras yang akan diletakkan di atas lantai. Tujuannya sangatlah sederhana, yakni membuat lantai aman dari berbagai gesekan benda tersebut. Intinya adalah jangan sampai benda tersebut menyentuh lantai secara langsung.

Anda juga disarankan untuk membersihkan lantai secara teratur setidaknya 2 kali dalam seminggu. Hal tersebut dilakukan agar pembersihan yang dilakukan bisa lebih optimal dan jikapun ada kotoran/ noda, masih bisa dibersihkan dengan mudah. Bisa dibilang, langkah ini adalah step yang paling utama untuk melakukan pencegahan terhadap kerusakan.

Itulah beberapa cara simpel yang bisa dilakukan untuk membersihkan permukaan lantai yang terbuat dari bahan dasar batu granit. Kini, Anda tidak lagi perlu khawatir akan kehilangan tampilan glamor akibat noda yang tertempel pada lantai.

Dan lagi, bahan yang digunakan untuk membersihkan lantai pun sangat mudah untuk didapatkan dan bahkan pasti tersedia di rumah. Jadi Anda tidak perlu risau akan tambahan biaya untuk perawatan lantai tersebut.