Penyebab Whiplash – Anda tentu sepakat bahwa memiliki gangguan kesehatan adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Betapa tidak, dengan adanya gangguan kesehatan, aktivitas, produktivitas, dan masa bersantai Anda akan otomatis terganggu. Ini jelas akan membuat Anda jadi pribadi yang terkungkung dan merasa tidak nyaman.

Sumber gambar doktersehat.com

Sayangnya, dewasa ini, gangguan kesehatan atau penyakit memiliki jumlah dan ragam yang sangat mengkhawatirkan.

Ya, banyak jenis penyakit yang sudah berkembang dan bertambah banyak. Ini jelas jadi perhatian, baik untuk Anda selaku orang awam, ataupun untuk praktisi kesehatan sebagai orang yang bergerak di bidang kesehatan.

Whiplash adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Whiplash atau cidera lecutan sendiri tidak mengenal usia atau latar belakang penyakit.

Penyebab whiplash sendiri tidak sekompleks gangguan kesehatan lain. Tapi tetap saja, mengenali dan menjadikannya informasi—untuk kemudian disimpan sebagai rujukan sebagai tindak pencegahan—adalah hal yang harus dilakukan.

Nah, yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, apa saja hal yang menyebab cidera lecutan ini? Dan, seberapa bahayakah cidera ini?

Secara umum cidera lecutan tidak berbahaya. Tapi dengan catatan, penanganan dan perawatannya harus cepat dan tepat. Karena  jika terlambat atau bahkan salah, Anda bisa mendapatmasalah yang lebih serius dibanding hanya sebuah cidera.

Adapun mengenai penyebab cidera lecutan sendiri bisa Anda simak pada pembahasan yang ada di bawah ini.

KECELAKAAN SAAT BERKENDARA – PENYEBAB WHIPLASH

Dikutip dari hellosehat.com, kecelakaan saat berkendara memegang 40% kasus cidera lecutan. Dengan kata lain, dibanding semua penyebab, ini adalah penyebab yang paling sering membuat orang whiplash.

Kecelakaan saat berkendara sendiri memang jadi momok bagi siapapun yang mengkhawatirkan cidera. Betapa tidak, saat kecelakaan terjadi, kemungkinan untuk Anda tidak cidera sangatlah kecil. Karena seperti yang Anda tahu, saat Anda berkendara—terlebih kendaraan bermotor—kecenderungan untuk mengalami cidera saat kecelakaan sangatlah besar.

Oleh karenanya, melengkapi diri dengan alat safety dan perilaku aman sangat dibutuhkan untuk meminimalisir cidera.

JATUH – PENYEBAB WHIPLASH
Ini juga jadi salah satu penyebab whiplash. Saat Anda jatuh, Anda bisa saja tidak mengalami cidera. Tapi kemungkinannya sangat kecil, terlebih bila Anda terjadi dalam kondisi berlari atau dalam posisi di atas permukaan tanah (di atas ketinggian). Saat hal ini Anda lakukan, jatuh akan menyebabkan Anda cidera. Dan cidera lecutan bisa jadi cidera yang paling mungkin Anda alami.

Dari doktersehat.com, jatuh sendiri memungkinkan tubuh Anda mengalami benturan terhadap tanah. Jika posisi jatuh Anda salah, Anda bisa dengan mudah mengalami cidera. Tapi jika cara jatuh Anda benar, Anda punya resiko yang lebih kecil untuk cidera.

MENGALAMI KEKERASAN FISIK – PENYEBAB WHIPLASH
Mengalami kekerasan fisik bisa jadi satu dari sekian penyebab Anda mengalami cidera lecutan. Benturan dengan bentu tumbul akan membuat tubuh Anda mengalami masalah dan membuat cidera.
Paling ringan, Anda mungkin akan mengalami memar. Tapi itu adalah kemungkinan paling pasti. Sedangkan pada kondisi terburuk, Anda bisa mengalami cidera serius. Mungkin salah satunya adalah cidera lecutan.

Jika hal ini terjadi, satu-satunya upaya yang harus Anda lakukan adalah dengan mendatangi dokter untuk dilakukan perawatan.

Nah, itulah tadi beberapa penyebab whiplash. Di samping penyebab di atas, melakukan kegiatan olahraga juga jadi penyebab lain. Semua penyebab tersebut bisa Anda simak dan jadikan referensi untuk kemudian dijadikan pijakan dasar untuk pencegahan.