Melakukan service AC mobil secara rutin tidak menjamin AC mobil Anda selalu dingin. Cara penggunaan yang kurang tepat membuat AC mobil cepat rusak dan tidak dingin. Jika Anda merasa AC mobil Anda sering tidak dingin, mungkin hal-hal berikut ini yang menjadi penyebabnya.

Service Ac Mobil Jadi Sia-Sia Jika Anda Masih Melakukan Hal ini

Tidak Memperhatikan Kebersihan Mobil
 Meskipun terdengar sepele, kebersihan kabin mobil dapat mempengaruhi kinerja AC. Pasalnya debu, kotoran, bakteri atau sisa makanan dapat masuk ke dalam filter mobil. jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan menyebabkan filter mobil jadi tersumbat dan sirkulasi AC Anda akan terganggu. Hal ini lah yang menyebabkan AC Anda tidak dingin atau bahkan rusak.

Merokok di Dalam Mobil
Rokok tidak hanya membuat mobil Anda beraroma tidak sedap, tetapi juga dapat berpotensi menggangu sistem AC mobil. Nikotin yang terkandung di dalam rokok dapat menyebakan kerusakan pada evaporator AC. Selain itu, abu rokok juga berpotensi masuk ke dalam filter dan menyumbat aliran udara.

Mematikan AC dalam Jangka Waktu Panjang
Mungkin Anda pernah bertanya, mengapa AC mobil Anda sering  tidak dingin padahal mobil jarang digunakan. Mobil yang tidak dinyalakan dalam waktu lama memang dapat membuat AC mobil cepat rusak. Pasalnya komponen di dalam sistem AC memiliki sifat mudah korosi, jadi apabila tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama korosi tersebut dapat terjadi.

Selalu Menggunakan Setelan AC Maksimal
Ketika kodisi di luar sangat panas, umumnya orang akan langsung menyalakan AC dengan setelan maksimal, dengan harapan mobil menjadi cepat dingin. Padahal itu tidak benar dan kontra-produktif. Ketika Anda menyalakan AC tanpa membuka jendela, maka udara panas tesebut akan berputar-putar dalam mobil.

Sebaiknya Anda membuka jendela lebih dulu untuk beberapa saat agar udara panas yang terperangkap dalam kabin keluar. selalu menggunakan setelan maksimal juga dapat menurunkan daya tahan AC. Hal ini disebabkan karena AC dipaksa bekerja lebih keras sehingga komponen sistem AC mudah rusak.

Menggunakan Suku Cadang Palsu
Penggunaan suku cadang palsu banyak dipilih karena harganya yang lebih murah sehingga lebih hemat. Padahal anggapan tersebut salah besar, dengan menggunakan suku cadang palsu maka kemungkinan kerusakan akan meningkat dan justru akan membuat Anda merogoh kocek lebih dalam.

Komponen-komponen sistem AC mobil merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. jika Anda mengganti salah satu komponen dengan barang asli maka komponen lain juga akan lebih cepat rusak. Akibatnya Anda harus lebih sering melakukan perbaikan.

Itulah beberapa hal yang membuat Service rutin Anda sia-sia dan akhirnya harus bolak-balik bengkel AC mobil. Sebaiknya perawatan dan perbaikan Anda lakukan di tempat yang sudah jelas kualitasnya seperti di Supercar.id. peralatan yang lengkap dan montir berpengalaman akan melayani Anda dengan professional. Anda juga bisa berkonsultasi melalui www.supercar.id.